Friday, March 22, 2013

Kiat Cerdas Merencanakan Pensiun

Sepanjang hidup, kita pasti punya banyak sekali tujuan keuangan seperti membeli rumah, membiayai pendidikan anak sampai ke jenjang pendidikan tinggi, ataupun sekedar merencanakan liburan istimewa.

Apapun tujuan keuangan kita, pastikan banwa prioritas utama adalah kehidupan di masa pensiun, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tidak ada satupun institusi yang mau membiayai masa pensiun kita. Dengan pertimbangan tersebut sebaiknya menrencanakan masa pensiun sedari dini.






Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam merencanakan masa pensiun:

Telitilah Biaya Hidup Pada Masa Pensiun
Besarnya biaya pada masa pensiun nanti tergantung dari gaya hidup yang diharapkan. Sekurang-kurangnya kita pasti menginginkan kondisi keuangan yang memadai untuk membayarkan kebutuhan dasar hidup sehari-hari bukan? Perlu dipertimbangkan juga pada masa pensiun tidak akan mendapatkan pembayaran gaji lagi. Sementara di lain pihak biaya untuk perawatan kesehatan akan mengalami peningkatan.

Kesemuanaya ini menbutuhkan pendanaan yang cukup mahal, sehinggan merencanakan masa pensiun selama 20-25 tahun adalah layak. Selain itu juga disarankan untuk memperkecil pengeluaran di masa pensiun nanti, misalnya dengan melunasi cicilan KPR sebelum masa pensiun tiba.


Kenaikan Harga di Masa Pensiun
Harga barang dan jasa cenderung semakin tinggi karena adanya inflasi. Mungkin kita tidak menyadari ini sekarang ini karena masih mendapatkan gaji setiap bulannya. Dan kenaikan gaji setiap bulannya mungkin masih akan mengimbangi kenaikan inflasi ini. Pada masa pensiun nanti, jika tidak memiliki bisnis sampingan, maka tabungan yang dimiliki harus dapat mengimbangi inflasi. Sebagai contoh kenaikan harga akibat inflasi adalah, dengan asumsi inflasi 10% tiap tahunnya, maka mobil dengan harga Rp.160 juta yang dapat dimiliki saat ini akan berharga Rp.1 Milyar pada 20 tahun yang akan datang.

Tentukan Besarnya Dana yang Harus Ditabung
Setelah meneliti biaya hidup dan inflasi di masa pensiun, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa banyak uang yang akan diperlukan pada saat pensiun. Acuan yang baik untuk perkiraan  berapa banyak yang harus Ade tabung adalah sekitar 75% sampai 80% dari penghasilan yang akan dapatkan sebelum masa pensiun.

                  


Selamat Merencanakan Pensiun !!

Salam Sukses
The Financial Tips

No comments:

Post a Comment