Wednesday, July 28, 2010

Mengenal Resiko Berinvestasi

Quoting Ahmad Gozali's Halal, Berkah & Berkembang (Elex Media Komputindo)



Halo Apakah Anda sudah mulai menabung dan berinvestasi?
Banyak sekali orang yang masih takut-takut untuk melakukan investasi. Alasan utamanya adalah takut rugi. Hmm...Padahal syarat utama untuk masuk ke dunia investasi adalah bersedia menanggung segala resiko, rugi maupun untuk (hehehe, untung itu juga resiko lho...).

Hal yang harus ditekankan untuk tidak takut rugi adalah bahwa rugi adalah hal yang biasa, sebagaimana untung."Namanya juga usaha, kalo gak berhasil ya gagal...". Namun mengapa harus takut untuk gagal jika memang berani untuk berhasil. Bukankan gagal dan berhasil adalah dua sisi mata uang yang bisa muncul salah satunya. Malahan kita justru musti curiga dengan produk investasi yang hanya menawarkan keuntungan namun tidak menjelaskan resiko kerugian. Mungkin saja ini adalah pepesan kosong belaka.

Di lain pihak tidak dapat dipungkiri bahwa faktor keberuntungan ikut menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam berinvestasi. Akan tetapi, apa yang dimaksud dengan keberuntungan di sini bukanlah suatu faktor kebetulan melainkan adalah karunia Tuhan yang dapat diberikan dan dicabut dari siapa saja yang Dia kehendaki.

Maraknya kasus investasi yang bermasalah dalam pengembalian dananya juga menyebabkan sebagian masyarakat enggan berinvestasi karena takut tertipu. Ini biasanya investasi yang mereka lakukan hanya ikut-ikutan yang sudah berhasil.Akhirnya mereka tidak lagi mempertimbangkan lagi factor keamanan berinvestasi. Tapi yang harus diingat adalah : sukses hanya diperoleh dari proses dan kerja keras !!

RESIKO TERBESAR DALAM BERINVESTASI
Resiko dalam berinvestasi sebenarnya bukanlah resiko rugi ataupun penipuan, karena memang wajar resiko tersebut melekat dalam sebuah investasi. Yang harus disiasati adalah bagaimana meminimalisir resiko tersebut.

Resiko dapat disiasati dengan menyebarnya - artinya tidak menaruh semua asset kita dalam satu produk investasi saja (hmm, teori banget...)

Resiko terbesar dalam melakukan investasi sebenarnya bukanlah resiko yang melekat pada produk investasi tersebut. Namun adalah ketidaktahuan kita sendiri tentang investasi yang kita ambil. Ketidaktahuan ini akan menyebabkan resiko yang wajar tadi menjadi lebih besar dari seharusnya.

Hmmm, terakhir saya mau beritahu rahasia mutakhir berinvestasi yaitu :
1. ILMU DAN DOA
2. KERJA KERAS
3. MODAL
4. KESUNGGUHAN
5. SIAP BERPROSES

REJEKI TIDAK JATUH DARI LANGIT...TANPA 5 FAKTOR DI ATAS, ...
IT TAKES MONEY TO MAKE ONE ...
IT TAKES KNOWLEDGE TO GET IT DONE ...
LET'S JUST MAKE IT MORE FUN !! ...

OK kenali resikonya selamat berinvestasi

Salam Sukses,
The Financial Tips
Make your business even more FUN !!

No comments:

Post a Comment